main game

Ini Dia Dampak Positif Bermain Game Online – Belum lama ini, masyarakat Mukomuko dihebohkan oleh cuitan permohonan untuk memblokir situs game online di wilayah Mukomuko. Cuitan tersebut berasal dari keluhan masyarakat selaku orang tua tentang anaknya yang kecanduan game online hingga mempengaruhi nilai sekolah. Opini-opini negatif dari masyarakat akhirnya tersalurkan untuk ditujukan kepada pemerintah daerah Mukomuko.

Bupati Mukomuko, Sapuan akhirnya menindak lanjuti keluhan masyarakat dengan mengirimkan surat permohonan untuk Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) terkait pemblokiran game online seperti Mobile Legend, PUBG, Free Fire, Bang Bang, dan sebagainya.

Memang, game online memiliki dampak negatif apabila dilakukan terus menerus dan mengakibatkan kecanduan. Namun, dibalik hal tersebut sebenarnya game online juga memiliki dampak positif jika melakukannya dengan waktu dan cara yang tepat. Berkaca kepada zaman yang serba teknologi ini, sangatlah tidak mungkin jika menutup diri dari perkembangannya.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah dampak positif yang akan didapatkan buat kamu yang hobi bermain game online.

Membuat otak menjadi lebih aktif dan inovatif
Dalam permainan game, khususnya game online yang ramai diperbincangkan sebagian besar merupakan eSport yang sebenarnya juga berdampak pada keaktifan pola pikir. Dalam game yang disebutkan merupakan game online dengan genre action. Sehingga pemainnya dituntut untuk fokus dan berkonsentrasi dalam mencapai misi misi untuk memenangkan pertandingan.

Baca Juga : Ini Dampak Game Online di Masa Pandemi

Dalam game ini secara tidak sadar akan membuat otak menjadi lebih aktif untuk menyusun strategi melawan musuh, sehingga inovasi perlu dilakukan untuk meningkatkan pertahanan ataupun membidik sebagai perlawanan.

Menambah teman
Di game online biasanya menjadi ajang untuk menambah kawan. Tidak sedikit dari beberapa pengguna game online saling tegur sapa hingga bertukar nomor whatsapp, link facebook, twitter, dan sebagainya. Meski hanya dunia teman di dunia maya, tidak menutup kemungkinan juga ternyata berada di kota yang sama hingga menambah saudara. Hal tersebut tentunya sah sah saja.

Menambah penghasilan
Meski terdengar sedikit tidak logis, sebenarnya game online juga dapat menghasilkan “cuan”. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan menjual karakter atau item-item yang diperlukan pemain lainnya dan dapat bertransaksi setelah sepakat juga bisa dilakukan.

Selain itu, dengan mengikuti turnamen yang disediakan oleh beberapa daerah atau bisa tembus hingga kancah internasional. Penghasilan yang didapat dengan turnamen ini bisa mencapai milyaran loh! Tentu saja saingan yang kamu lawan sangatlah banyak dan mereka juga pro player dan bukan pemain newbie tentunya.

Melatih kerjasama tim
Dalam permainan game online, biasanya juga membutuhkan kerjasama tim. Tentunya dalam hal ini kamu memerlukan kekompakan dalam mengatur strategi demi mencapai kemenangan. Strategi yang dipilih seharusnya disusun dengan komunikasi aktif antar pemain sehingga hal tersebut dapat melatih kerjasama dalam sebuah tim.

Menghibur diri
Sangatlah wajar apabila seringkali rasa bosan, suntuk, hingga stress akan pekerjaan yang menumpuk membuat kamu ingin menghibur diri. Terlebih situasi pandemi yang semakin memperburuk kondisi di lingkungan luar tidak memungkinkan untuk sekedar berlibur ke tempat yang terbuka. Akhirnya, game online dibutuhkan untuk membantu mengatasi kejenuhan hari-hari yang sangat melelahkan. Hal ini wajar-wajar saja dilakukan asal tidak berlebihan.

Sebenarnya, positif atau negatif adalah perihal sudut pandang. Bagaimana cara menyikapinya tergantung dari sugesti yang kamu buat. Bermain game online sah-sah saja selama tau batas dan waktu serta tidak dilakukan berlebihan. Mengasah kemampuan sebenarnya perlu, asal selalu tahu setiap batasan.

By admin